cuaca lagi panas SAATNYA
7 Gaya Penyajian Makanan di Jepang yang Unik dan Menggugah Selera
Artikel 9 Mei 2019

Penyajian makanan makin unik, makin menarik

Saat pertama kali mendengar kata sushi, kamu pasti membayangkan potongan ikan segar dan rumput laut (nori) yang disajikan dengan segenggam nasi yang dibentuk kotak atau bulat. Tapi tahukah kamu kalau ternyata sushi mempunyai bentuk lain yang sangat menarik?

Seni makanan bernama sushi art ini bisa menampilkan aneka karakter hewan yang lucu seperti panda dan kelinci. Tak hanya sushi, ada berbagai macam seni makanan dari Jepang yang mencuri perhatian seperti kotak makan siang (bento) dan permen (Amezaiku).

Deretan seni makanan ini terinspirasi dari kecintaan masyarakat Jepang terhadap estetika. Pepatah 'orang Jepang makan dengan matanya' benar adanya. Ini membuktikan bahwa makanan tak sekadar mengenyangkan tapi juga perlu mempunyai nilai estetika tinggi bagi orang Jepang.

Nah, kamu pasti penasaran seperti apa seni makanan khas Negeri Matahari Terbit yang lainnya? Yuk, kita simak.

1. Sushi Art
Sushi art merupakan sebuah kreasi pembuatan sushi dengan bentuk yang berbeda dari biasanya.

Sushi art tak sekadar menggulung rumput laut, potongan ikan, dan nasi saja, namun ternyata juga kreasi yang bisa menghasilkan bentuk-bentuk lain yang berbeda seperti panda dan kelinci yang lucu.

Penyajiannya juga sangat unik, lho. Satu sushi art bisa memperlihatkan sebuah pemandangan atau beberapa tokoh kartun yang menggemaskan. Bisa jadi kamu tidak tega untuk memakannya, atau setidaknya mengambil foto sebelum akhirnya memakannya.

2. Mukimono
Mukimono adalah seni dan teknik menghias sayuran atau buah agar lebih indah dipandang mata.

Mukimono adalah seni dan teknik menghias sayuran dan buah agar lebih indah dipandang mata. Tak main-main, visual yang ditampilkan bisa terlihat sangat nyata lho.

Biasanya, Mukimono mempunyai penampilan seperti bunga, binatang, dan lain-lain. Tak sekadar dekorasi, Mukimono biasanya digunakan untuk menandakan perubahan musim di Jepang.

3. Oekakiben
Oekakiben adalah seni menghias kotak makan siang yang dibuat mirip pemandangan, gedung, sampai dengan makhluk hidup.

Oekakiben adalah seni menghias kotak makan siang yang dibuat mirip pemandangan, gedung, sampai dengan makhluk hidup seperti wajah manusia, bunga, dan hewan yang menggemaskan.

Makin menggugah selera, oekakiben pun populer dengan semua umur. Kamu bisa mudah mendapatkan oekakiben dengan membelinya di pusat perbelanjaan terdekat di Jepang.

4. Kyraben
Hampir mirip dengan Oekakiben, kyraben adalah seni menghias kotak makan siang yang menyerupai tokoh kartun, komik, TV show, atau video games.

Hampir sama dengan oekakiben, kyraben adalah seni menghias kotak makan siang yang menyerupai tokoh kartun, komik, TV show, atau video games. Para Ibu di Jepang sering membuat bekal untuk anaknya dengan kyaraben yang imut agar mereka lahap memakannya.

Bekal tersebut didesain sedemikian rupa hingga mempunyai tampilan menggemaskan. Kyraben sangat populer di kalangan anak kecil karena bentuknya yang menarik dan unik.

5. Amezaiku
Amezaiku adalah seni makanan tradisional Jepang dari permen yang sudah ada sejak seribu tahun yang lalu.

Amezaiku adalah seni makanan tradisional Jepang dari permen yang sudah ada sejak seribu tahun yang lalu.

Permen yang masih panas diukir dengan detail luar biasa dengan tema tertentu seperti ikan hias, hewan, atau tokoh kartun lainnya. Kalau bagusnya seperti ini, kamu tega memakannya?

6. Taiyaki
Taiyaki adalah roti yang berbentuk seperti ikan dengan isi yang bermacam-macam.

Roti dengan isi selai kacang merah pasti sudah biasa, tapi roti dari Jepang ini luar biasa. Taiyaki adalah roti yang berbentuk seperti ikan dengan isi yang bermacam-macam. Ada anko (kacang azuki rebus yang dihancurkan lalu diberi gula), cokelat, krim karamel, krim keju, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menemui jajanan ini di berbagai restoran di Jepang. Harganya pun cenderung terjangkau dan mempunyai cita rasa yang nikmat.

7. Dummy or Fake Food
Bentuknya yang seperti kacang kedelai tapi berwarna hijau membuatnya dijuluki 'kedelai Jepang'.

Saat memesan makanan di Jepang, kamu kadang akan menjumpai makanan di dalam sebuah dinding kaca sebagai display untuk menarik pengunjung. Karena terlihat sangat nyata, kamu akan mengira bahwa makanan tersebut adalah makanan sungguhan.

Eits, ternyata display tersebut adalah dummy atau fake food yang terbuat dari plastik. Seni makanan Jepang ini bisa membantu pengunjung untuk membayangkan seperti apa tampilan menu pesanannya.

Deretan seni makanan di atas membuktikan bahwa orang Jepang sangat menyukai estetika. Yang tak kalah menggugah selera dari makanan atau minuman di Negeri Sakura ini adalah es krimnya. Segala macam rasa tradisional seperti matcha sampai yang modern ada di sini.

Namun kamu tak perlu jauh-jauh untuk menikmati segarnya es krim dari Jepang. Sekarang hadir Glico Wings, es krim nikmat Jepang yang bisa kamu dapatkan di toko-toko terdekat. Es Krim Glico Wings punya banyak variasi yang cocok untuk dinikmati di berbagai suasana yang membuat kamu tidak pernah bosan menikmati es krim ini.

Untuk kamu yang menyukai es krim lembut dengan paduan cokelat di dalam nya, kamu wajib mencoba Haku Monaka yang merupakan es krim lembut dengan lapisan cokelat renyah di tengahnya dan dibalut dengan wafer lembut di luar. Terdapat 3 varian, yaitu Vanilla, Choco Hazelnut dan Matcha, yang akan mengisi kembali semangatmu.

Masih banyak lagi variasi rasa es krim Glico Wings yang patut kamu coba. Untuk kamu yang menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan Jepang, yuk cobain es krim Glico Wings yang bisa jadi salah satu cemilan favoritmu.